Menyimpulkan dan menyampaikan opini
Menyimpulkan pendapat berarti menetapkan pendapat (kesimpulan) berdasarkan uraian, wacana yang telah disimak, dibaca atau didengar.
Tteknik membuat simpulan dapat dibedakan menjadi 3 macam atau cara yaitu :
1. Secara deduktif
2. Secara induktif
3. Secara campuran
a) Menyimpulkan secara deduktif artinya memberikan pendapat yang didahului oleh pikiran utama (bersifat umum) dan diperjelas oleh pendapat yang bersifat khusus.
Contoh :
Penduduk desa Porong Sidoharjo menggelar aksi demo besar-besaran. Mereka menuntut ganti rugi rumah, tanah dan harta. Sampai saat ini ganti rugi yang dijanjikan belum terealisasi.
b) Menyimpulkan secara induktif artinya memberikan kesimpulan yang diawali dengan memberikan penjelasan dan diakhiri dengan pikiran utama.
Contoh :
Setiap hari ruang kelas I A bersih dan rapi. Begitu pula kelas I B terlihat nyaman dipandang. Dengan demikian bahwa penerapan kedisiplinan dan kebersihan di SMK ini sangat dilaksanakan dengan baik.
c) Menyimpulkan secara campuranartinya gagasan utama yang terdapat di awal diminculkan kembali di akhir simpulan sebagai penegas.
Contoh :
Penerapan nilai rata-rata UAN 5,00 pada tahun 2007 sangat memberatkan siswa. Untuk mencapai nilai rata-rata siswa harus mempersiapkan sejak dini dengan belajar giat.
Menerapkan nilai rata-rata tahun 2007 perlu dikaji ulang.
Menyimpulkan pendapat berarti menetapkan pendapat (kesimpulan) berdasarkan uraian, wacana yang telah disimak, dibaca atau didengar.
Tteknik membuat simpulan dapat dibedakan menjadi 3 macam atau cara yaitu :
1. Secara deduktif
2. Secara induktif
3. Secara campuran
a) Menyimpulkan secara deduktif artinya memberikan pendapat yang didahului oleh pikiran utama (bersifat umum) dan diperjelas oleh pendapat yang bersifat khusus.
Contoh :
Penduduk desa Porong Sidoharjo menggelar aksi demo besar-besaran. Mereka menuntut ganti rugi rumah, tanah dan harta. Sampai saat ini ganti rugi yang dijanjikan belum terealisasi.
b) Menyimpulkan secara induktif artinya memberikan kesimpulan yang diawali dengan memberikan penjelasan dan diakhiri dengan pikiran utama.
Contoh :
Setiap hari ruang kelas I A bersih dan rapi. Begitu pula kelas I B terlihat nyaman dipandang. Dengan demikian bahwa penerapan kedisiplinan dan kebersihan di SMK ini sangat dilaksanakan dengan baik.
c) Menyimpulkan secara campuranartinya gagasan utama yang terdapat di awal diminculkan kembali di akhir simpulan sebagai penegas.
Contoh :
Penerapan nilai rata-rata UAN 5,00 pada tahun 2007 sangat memberatkan siswa. Untuk mencapai nilai rata-rata siswa harus mempersiapkan sejak dini dengan belajar giat.
Menerapkan nilai rata-rata tahun 2007 perlu dikaji ulang.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Posting Komentar